S1 Pendidikan Agama Kristen

Identitas Program Studi

Nama Perguruan Tinggi INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI KUPANG
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen
Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Izin Keputusan Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama No. DJ.III/Kep/HK.00.5/ISP/2015
Status Akreditasi Terakreditasi C

SK BAN-PT NO: 112/SK/BAN-PT/AKRED/S/III/2015

Jenjang Pendidikan Strata 1 (S1)
Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S. Pd)

(Telah disesuaikan Nomenklatur Permenag RI No. 33 TH 2016)

Visi

“Menjadi Program Studi PAK Terdepan dalam Menghasilkan Lulusan yang Berhikmat, Pancasilais, dan Kemampuan Berpikir Masa Depan”

Misi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dibidang Pendidikan Agama Kristen yang bermutu tinggi dan berkarakter Kristen.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pemecahan masalah dan mengembangkan ilmu Pendidikan Agama Kristen.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara mumpuni melalui Pendidikan Agama Kristen berdasarkan pada kebutuhan masyarakat dan gagasan kebaruan.

Tujuan:

  1. Menghasilkan Sarjana PAK dengan kualifikasi berpikir terdisiplin, berpikir mensintesa, berpikir berpikir mencipta, berpikir respektif dan berpikir etis.
  2. Menghasilkan Sarjana PAK yang dengan kemampuan berbahasa asing dan penguasaan teknologi pembelajaran dan inklusif dalam bidang PAK
  3. Menghasilkan Sarjana PAK, yang berwawasan Pancasilais.
  4. Menyelenggarakan penelitian dan pengabadian yang koheren dengan pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Agama Kristen.
  5. Menghasilkan dan mempublikasikan karya ilmiah yang inovatif, solutif dan bereputasi nasional dan internasional dalam bidang Pendidikan Agama Kristen.
  6. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan hasil riset yang mumpuni di bidang Pendidikan Agama Kristen berdasarkan pada kebaruan dan kebutuhan masyarakat.
  7. Menyelengggarakan pelayanan akademik berbasis manajemen mutu berkelanjutan guna meningkatkan kualitas dan daya saing program studi dalam konteks Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan tuntutan global.

Strategi Bidang Pendidikan;

  1. Mendorong peningkatan kualifikasi akademik dosen melalui studi lanjut dosen dengan program beasiswa maupun biaya mandiri.
  2. Mengadakan dan mengikutsertakan dosen dan mahasiswa pada acara seminar, kuliah umum, workshop, dan pertemuan asosiasi keilmuan setiap semester baik di tingkat nasional dan regional, sedangkan untuk skala internasional diupayakan setiap tahun.
  3. Meningkatkan pelayanan akademik dan sistem informasi akademik bagi dosen dan mahasiswa berbasis manajemen mutu.
  4. Menyelenggarakan layanan pendidikan yang beroreintasi pada pengembangan kemampuan berpikir terdisiplin, berpikir mensintesa, berpikir berpikir mencipta, berpikir respektif dan berpikir etis.
  5. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu tinggi dengan mengadopsi prinsip-prinsip teknologi pembelajaran dalam bidang PAK
  6. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menciptakan tenaga guru PAK, yang berwawasan Pancasilais.

Strategi Bidang Penelitian;

  1. Memfasilitasi penelitian dosen dan mahasiswa setiap semester
  2. Memfasilitasi publikasi penelitian dosen dan mahasiswa pada jurnal program studi, jurnal fakultas, jurnal institusi atau jurnal nasional dan internasional bereputasi.
  3. Berlangganan jurnal terakreditasi dan publikasi internasional serta prosiding dalam rangka menambah wawasan pengetahuan teraktual secara berkelanjutan.
  4. Menyelenggarakan penelitian yang koheren dengan pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Agama Kristen.

Strategi Bidang Pengabdian;

  1. Menyelenggarakan pengabdian yang koheren dengan pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Agama Kristen.
  2. Program studi wajib melakukan pengabdian pada masyarakan minimal satu kali setiap semester.
  3. Memfasilitasi dosen dan mahasiswa, baik secara individu maupun tim untuk melakukan pengabdian pada masyarakat minimal satu kali dalam satu semester.

 Tata Nilai: Nilai: Keimanan, kepandaian, dan Ke-Indonesiaan

  • Nilai Keimanan

Pengembangan keimanan sebagai nilai keutamaan Prodi PAK FKIP IAKN Kupang, didasarkan pada pesan dalam kitab Ibrani 11:1 bahwa, “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Refleksi terhadap nilai keimanan ini membawa implikasi penting bahwa pemikiran dan praktik pendidikan Kristen harus menempatkan iman sebagai nilai keutamaan tertinggi. Nilai keutamaan ini, merupakan dasar bagi setiap warga gereja untuk mencari pengertian dan kepandaian melalui pendalaman, pencarian dan penyelidikan, serta pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Melalui nilai ini, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diperoleh dan dikembangkan patut dipersembahkan kepada Tuhan Allah dalam kerangka takut dan hormat kepadaNya. Bukan sebaliknya dipergunakan kepada kesia-siaan dan tujuan yang tidak memuliakan Allah.

  • Nilai Kepandaian

Nilai kedua yang mesti dikembangkan melalui pada Prodi PAK FKIP IAKN Kupang adalah. Nilai keutamaan ini bersumber dari kitab Amsal 1: 3 bahwa, “untuk menerima didikan yang menjadikan pandai serta kebenaran, keadilan dan kejujuran”. Nilai ini mengandung makna bahwa, semua sistem dan strategi yang diterapkan ditingkat prodi harus berorientasi pada lulusan dengan kepandaian yang tinggi dalam bidangnya. Kepandaian yang dimilikinya harus didasarkan pada kebenaran, keadilan, dan kejujuran. Kepandaian dibentuk dari kebiasaan berpikir terdisiplin, berpikir mensintesa, berpikir mencipta, berpikir respektif dan berpikir etis.

Indikator utama nilai kepandaian yang menjadi nilai keutamaan kelima kemampuan berpikir dimaksud tampak dalam apa yang disebut Gardner (1999; 2006; 2011) sebagai kecerdasan majemuk, yang dimensinya meliputi (1) kecerdasan linguistik, (2) matematis-logis, (3) spasial, (4) kinestetik-jasmani, (5) musikal, (6) interpersonal, (7) intrapersonal, dan (8) naturalis.

Dalam konteks ini juga dikembagkan nilai keutamaan yang berhubungan dengan dimensi batiniah lulusan yang berhubungan dengan kecerdasan spiritual, etis, emosional, estetikal, yang indikatornya antara lain meliputi: iman kepada Tuhan Yang Maha Esa, integritas, kejujuran, keadilan, kemanfaatan, tanggung jawab, respek/rasa hormat, cinta kasih, empati, kesopanan, toleransi, keramahan, tolong menolong, komitmen, dapat dipercaya, kebersamaan, dan sebagainya; daya fisik (kinestetikal): sehat/bugar/kokoh stamina, tangguh,  energik, terampil (cepat, cekat, tepat), dan sebagainya.

  • Nilai Kebangsaan

Nilai ketiga yang dikembangkan pada Prodi PAK adalah nilai kebangsaan yang merujuk pada serangkaian prinsip atau keyakinan yang dianggap penting untuk membangun dan memperkuat identitas bangsa Indonesia. Lulusan Prodi PAK diharapkan dapat menerapkan nilai kebangsaan yang tercermin dalam sikap nasionalisme, patriotisme, persatuan dan kesatuan, keadilan dan kesetraan dengan berasaskan Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Lulusan Prodi PAK juga harus menyadari, memahami dan menggunakan hati nurani untuk mencintai dan bertindak nyata dalam mempertahankan dan mengembangkan jati diri bangsa Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Lulusan Prodi PAK kiranya mampu berpikir utuh dalam konteks pembangunan kualitas bangsa Indonesia, tidak saja melalui jalur pendidikan tetapi juga melalui jalur non pendidikan. Oleh karena itu, pengembangan nilai kebangsaan bagi lulusan Prodi PAK dapat diarahkan pada penguatan dasariah nilai-nilai kebangsaan yang nantinya dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam profesi maupun dalam membangun relasi dengan sesama.

Penciri Program Studi Pendidikan Agama Kristen

Program studi Pendidikan Agama Kristen yang dikenal dengan PAK yang berada di IAKN Kupang, bukanlah merupakan satu-satunya program studi PAK di Indonesia. Terdapat banyak sekali program studi serupa pada Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen lainnya di Indonesia. Untuk itu diperlukan suatu penciri yang menunjukkan keunikan dan kelebihan dari pada Program Studi Pendidikan Agama Kristen di IAKN Kupang. Berdasarkan hasil kajian terhadap kebutuhan lulusan, evaluasi terhadap kurikulum, dan tuntutan perkembangan zaman di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, maka diperlukan suatu kecirian yang menjawab semua tuntutan ini. Kecirian Program Studi Pendidikan Agama Kristen inilah yang kemudian menjadi penanda akan perbedaan antara lulusan PAK dari IAKN Kupang dengan lulusan PAK dari institusi lainnya yang menyelenggarakan pendidikan serupa.

Adapun penciri yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Agama Kristen di IAKN Kupang mengacu pada tiga matra ciri keutamaan yakni; Teknologi Pembelajaran, Inklusif dan Penguasaan Bahasa Asing. Ketiga ciri ini kemudian dijabarkan dalam Capaian Pembelajaran Lulusan, yang kemudian dielaborasikan dalam bahan kajian serta nampak dalam pembentukan mata kuliah. Pertama, Teknologi Pembelajaran; ciri ini menjadi ciri pertama yang dikembangkan untuk dimiliki oleh lulusan Prodi PAK IAKN Kupang. Kemampuan lulusan berkaitan dengan teknologi pembelajaran akan mendorong lulusan untuk memiliki kemampuan dalam mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola dan melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran dan memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman berdasarkan teori yang terbarukan. Ciri ini dipilih sebagai salah satu akibat dari pergeseran terhadap paradigma belajar dan pembelajaran, perkembangan teknologi, serta tuntutan terhadap kemampuan dimasa depan yang menitikberatkan kepada pengguasaan teknologi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kedua, inkulsif; melalui ciri ini, lulusan Prodi PAK IAKN Kupang memiliki kemampuan untuk mendesain, mengembangkan dan melaksanakan proses pendidikan yang merdeka dengan mendorong terjadinya proses belajar inklusif. Konsep inklusif disini adalah lulusan prodi PAK dapat menyelenggarakan pendidikan yang menghargai keberagama semua orang dan menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan termasuk orang berkebutuhan khusus. Artinya lulusan Prodi PAK IAKN Kupang dapat menjadi pionir pelaksanaan pembelajaran yang menghargai keunikan dan kelebihan semua orang. Dengan adanya ciri ini lulusan Prodi PAK IAKN Kupang dapat menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas bagi semua orang sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Dengan demikian lulusan Prodi PAK IAKN Kupang dapat berkontribusi bagi dunia dan Indonesia dalam menyelenggarakan pendidikan bagi semua (education for all) dengan tidak membiarkan satu orangpun tertinggal.

Ketiga, pengusaan Bahasa Asing. Merupakan salah satu kemampuan paling dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang agar dapat berkontribusi secara global. Ciri bahasa asing dimaksudkan untuk membentuk lulusan memiliki ketrampilan yang dibutuhkan untuk dapat berkontribusi baik melalui bidang keilmuan. Bahasa asing sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan, dan hasil penelitian yang terbarukan bagi dunia. Dengan adanya kemampuan Bahasa Asing, lulusan Prodi PAK IAKN Kupang diharapkan dapat bersaing dan tersebar luas untuk mengaplikasikan keilmuan yang dimiliki.

Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Kristen

Profil lulusan Prodi Pendidikan Agama Kristen adalah peran yang dapat dilakukan oleh lulusan PAK di masyarakat setelah menyelesaikan jenjang pendidikan berdasarkan jenjang KKNI. Profil ditetapkan berdasarkan hasil kajian terhadap kebutuhan pasar kerja yang dibutuhkan pemerintah dan stakeholders lainnya, serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penentuan profil lulusan merujuk kepada KKNI level 6 yakni jenjang strata 1 sesuai dengan SN-DIKTI. Aspek yang menjadi pertimbangan mencakup sikap, pengetahuan keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang disesuaikan dengan deskriptor generik KKNI. Kecirian dari Prodi PAK dibangun melalui potensi daerah, tantangan dan permasalahan yang dapat dipecahkan oleh lulusan prodi berdasarkan jenjangnya, serta perkembangan IPETKS yang berpengaruh pada pembentukan lulusan. Lulusan Prodi PAK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Kupang dipersiapkan menjadi professional dalam bidang Pendidikan Agama Kristen diharapkan meliputi;

    • Sarjana PAK dengan kualifikasi berpikir terdisiplin, berpikir mensintesa, berpikir mencipta, berpikir respektif dan berpikir etis.
    • Sarjana PAK dengan kemampuan berbahasa asing, inklusif dan penguasaan teknologi pembelajaran dalam bidang PAK.
    • Sarjana PAK, yang berwawasan Pancasilais.

Sedangkan peran yang dapat dilakukan oleh lulusan Prodi PAK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Kupang yakni;

Profil Lulusan Deskripsi Profil
Pengajar PAK Sarjana Pendidikan Agama Kristen yang berkarakter Kristus, inklusif, menguasai teknologi pembelajaran dan Bahasa asing dalam penyelenggaraan Pendidikan Agama Kristen di jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA dan gereja
Peneliti PAK Sarjana Pendidikan Agama Kristen yang berkarakter Kristus dalam melaksanakan penelitian di bidang Pendidikan Agama Kristen
Pengembang Pembelajaran PAK Sarjana Pendidikan Agama Kristen yang berkarakter Kristus dalam melaksanakan pengembangan pembelajaran di bidang Pendidikan Agama Kristen

KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Dosen

No. Nama Pendidikan
1 KRISTIAN E.Y.M. AFI S3
2 CHRISTOFEL SAETBAN S3
3 FRANSISKA YANTI NGGEONG S2
4 CATUR PRIO PURNOMO S2
5 JANUAR DANIEL MAXFRID ROHI S2
6 IRENI IRNAWATI PELLOKILA S2
7 TRI OKTAVIA OEMATAN S2
8 MARIA INDRIANI SESFAO S2
9 MARTIN CHRISANI LIUFETO S2
10 NOFRIANA BAUN S2
11 DWI KRISTINNINGATI S2
12 PETRUS TONGKAL S2
13 MARIYANTI ADU S2
14 OSCARD LUMBAN TOBING S2
15 AGUSTINUS MELIANUS DAUD MANIYENI S2
16 FEROFIANES LINDA TANDJUNG S2
17 MAXY LAKAPU S2
18 JUNAITY SOFTEN SINE S2
19 MAGLON FERDINAND BANAMTUAN S2
20 FERDINANT ALEXANDER S2
21 HERMIN S2
22 TINCE DORMALIN KOROH S2
23 HASUDUNGAN SIDABUTAR S2
24 HASANUDDIN MANURUNG S2
25 DEVIANA SIBULO S2
26 DOMINGGUS Y. SELAN S2
27 ROIMANSON PANJAITAN S2
28 YANDRY DIANA DETHAN S2
29 ADRIANA INDRA SANTI SOLE S2
30 DONI ARIANI LEOWANDRI LIU S2
31 NELCI NAFALIA NDOLU S2
32 MISAEL BOINENO S2
33 JOHANA MANUBEY S2
34 JEHESKIEL SAUDALE S2
35 YANDRI YUSUF CORNELIS HENDRIK S2
36 NORIANTI PAI TIBA S2
37 DONAL JIDON JOSANTO BIAF S2
38 TALITA TLONAEN S2