17 Poin Penting, Arahan Strategis Rektor IAKN Kupang : Persiapan Memasuki Semester Ganjil TA 2023/2024

IAKN Kupang (Kemenag) – – – – Rektor Institut Agama Kristen Negeri Kupang (IAKN Kupang), Dr. Harun Y. Natonis, M.Si, bersama dengan Wakil Rektor I, Marla M. Djami, M.Si, dan Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan (AUAK), Drs. Yorhans S. Lopis, M.Si, memberikan arahan penting kepada seluruh Civitas Akademika IAKN Kupang dalam rangka persiapan memasuki semester ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Arahan tersebut berlangsung pada Selasa (29/08/2023) pukul 08.00 WITA di Lobi Pascasarjana kampus.

Berikut adalah poin-poin arahan yang disampaikan oleh Rektor IAKN Kupang:

  1. Perkuliahan dan Pemanfaatan Ruang: Rektor menekankan pentingnya persiapan jadwal perkuliahan yang paling lambat harus selesai pada tanggal 31 Agustus. Semester ini diharapkan dapat mengoptimalkan semua ruangan yang ada dalam keterbatasan yang ada. Rektor menegaskan bahwa perkuliahan secara online hanya akan diterapkan di Pascasarjana. Seluruh Civitas Akademika diharapkan bekerja sama untuk memaksimalkan ruang yang ada.
  2. Rencana Pembelajaran Semester (RPS): Rektor menekankan pentingnya pengisian RPS oleh semua dosen, yang memiliki dampak pada akreditasi dan pengawasan terhadap bahan ajar. Dekan dan Wakil Dekan I diharapkan untuk memastikan semua RPS telah dimasukkan sebelum perkuliahan dimulai. Jumlah tatap muka yang ditargetkan harus tercapai dengan meningkatkan kualitas perkuliahan.
  3. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat: Rektor mengingatkan bahwa kegiatan penelitian harus menghasilkan lebih dari sekadar laporan. Pengabdian kepada masyarakat juga harus memiliki dampak nyata. Topik penelitian yang dipilih diharapkan memiliki relevansi dan dampak terhadap lembaga dan masyarakat.
  4. Akreditasi: Persiapan untuk akreditasi harus segera dilakukan, terutama untuk prodi baru. Rektor menekankan bahwa target akreditasi harus di atas level C, mengingat perubahan status IAKN Kupang menjadi universitas. Semua prodi diharapkan sudah mengajukan submit akreditasi pertengahan September.
  5. Disiplin dan Peran Orangtua bagi Mahasiswa: Rektor mengajak seluruh Civitas Akademika untuk menjadi “orangtua” bagi mahasiswa, memastikan perlakuan dan komunikasi yang hangat dan peduli. Drop-out mahasiswa diharapkan dapat dikurangi dengan pendekatan yang humanis.
  6. Perubahan Nama Institusi dan Prodi: Sebagai persiapan untuk perubahan nama institusi dan pembukaan fakultas baru, Rektor menyebutkan pentingnya pemikiran tentang nama Institut, prodi dan perencanaan prodi baru.
  7. Penjemputan Mahasiswa KKN: Mahasiswa KKN diharapkan tiba di kampus paling lambat tanggal 2 September. Registrasi mahasiswa yang belum selesai diharapkan dapat diselesaikan segera. Semua dosen PA diminta untuk mengingatkan mahasiswa tentang tanggal dimulainya perkuliahan pada 1 September 2023.
  8. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL): Mahasiswa diharapkan tiba di kampus pada September untuk mempersiapkan diri mengikuti PPL.
  9. Kantin Sehat : Kantin di kampus harus dijaga kebersihan dan ketersediaan air.
  10. Persiapan Wisuda: Persiapan untuk wisuda yang akan dilaksanakan pada 29 September 2023 harus segera dimulai.
  11. Kebersamaan dalam Kegiatan Dies Natalis: Rektor mengajak seluruh Civitas Akademika untuk merencanakan kegiatan yang memeriahkan Dies Natalis yang ke-16 dengan kegiatan-kegiatan kebersamaan.
  12. Kedisiplinan: Rektor menekankan pentingnya kedisiplinan dalam semua aspek, termasuk dalam mengerjakan tugas dan administrasi.
  13. NIDN dan Reformulasi CPPPK: Semua dosen diharapkan memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Rektor berharap adanya reformulasi yang membantu rekan-rekan yang belum memenuhi teknis untuk mendapatkan sertifikasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).
  14. Penekanan pada Kualitas Dosen (Serdos): Jumlah dosen yang mendapatkan sertifikasi dalam Serdos sangat meningkat, yang diharapkan dapat berdampak positif pada akreditasi.
  15. Pengelolaan File dalam Bentuk Soft Copy: Semua file administrasi diharapkan disimpan dalam bentuk soft copy, bukan hanya hard copy.
  16. Pengurusan SKP: Seluruh Civitas Akademika diingatkan untuk mengurus Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dengan baik, karena SKP yang baik dapat membuka peluang lebih lanjut.
  17. Bantuan Pimpinan dalam Penertiban Unit: Rektor meminta bantuan para pimpinan untuk menertibkan unitnya masing – masing.

Senada dengan itu, Kepala Biro juga menekankan pentingnya kedisiplinan dan keseriusan dalam menjalankan tugas. Karo mengingatkan bahwa keberhasilan lembaga ini sangat tergantung pada kedisiplinan dan kerja keras seluruh Civitas Akademika.

WR I juga menambahkan informasi terkait akreditasi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) yang hampir selesai dan sedang dikerjakan Laporan Evaluasi Diri (LED) untuk bobot penilaian sebesar 60%.

Dalam diskusi, beberapa tanggapan dari Civitas Akademika diutarakan. Dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kristen (Kristian E.Y. M. Afi, M.Pd.K) terkait pembagian beban mengajar, Perkuliahan dan Disiplin. Kasubbag Layanan Akademik (Domingos Freitas, M.Pd.K) terkait pemanfaatan ruang kuliah dengan maksimal dan Direktur Pascasarjana (Dr. Umar Ali, M.Pd) tentang informasi mengenai ruangan yang tersedia di Pascasarjana.

Di akhir arahannya, Rektor mengajak seluruh Civitas Akademika untuk bekerja sama dalam memasuki semester baru dan melaksanakan arahan yang telah diberikan. Ia berharap agar semua persiapan dapat dilakukan dengan baik dan memastikan kualitas pendidikan yang lebih baik untuk memenuhi harapan masyarakat.***

Penulis: Merling Messakh (Humas IAKN Kupang)

Silakan Ikuti IAKN Kupang di Social Media

Lainnya

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Buka Chat Whatsapp
1
SIMADU
SIMADU IAKN Kupang
Selamat datang dilayanan Sistem Informasi Manajemen Pengaduan (SIMADU) IAKN Kupang

Untuk pengaduan Layanan Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan silahkan klik Buka Chat. Anda akan terhubung dengan operator layanan pengaduan kami.

Format layanan pengaduan akan diperoleh melalui whatsapp.