Dirjen Bimas Kristen Berharap Kegiatan ICC IRS Dapat Dilaksanakan Secara Rutin dan Berkesinambungan

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia (Jeane Marie Tulung) menyampaikan Opening Speech pada pembukaan Kegiatan The 2nd ICC IRS 2023 dengan host (tuan rumah) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang dan co – host IAKN Toraja dan IAKN Palangkaraya yang dilaksanakan di Hotel Aston, Kupang – Nusa Tenggara Timur Pada Tanggal 13 – 16 Juli 2023 dengan mengangkat Tema “Religion, Education and Arts Studies in Post Humanism Era.”

Dalam Opening Speech nya, Dirjen Bimas Kristen mengatakan bahwa ICC IRS yang diselenggarakan hari ini adalah kelanjutan dari ICC IRS di Manado pada Tahun 2019. Dirjen menjelaskan tentang Tema yang diangkat dalam The 2nd ICC IRS 2023. Pertama, Religion (Agama). Post humanism menimbulkan banyak pertanyaan tentang etika manusia. Peran agama menggeser spritualitas baru tentang pemahaman agama dan etika. Agama dapat berperan dalam masalah etika dan memberikan panduan dalam mengatasi dilematisasi etika. Kedua, Education (Pendidikan). Di era pasca humanis, pendidikan perlu mempersiapkan individu untuk menghadapi tantangan karena perkembangan teknologi. Pendidikan dapat memainkan peran penting dalam memperomosikan dialog dan pemahaman antar perspektif agama dan budaya yang berbeda. Ketiga, Arts (Seni). Di eras pasca humanis, seni dapat berfungsi sebagai sarana untuk mengeksplorasi hubungan masyarakat. Seni adalah media ekspresi. Seni dapat menawarkan dampak teknologi dalam nilai hidup manusia. Seni dapat berkontribusi pada dialog berkelanjutan pada masa depan hidup manusia di era pasca humanis.

Dirjen berharap Kegiatan The 2nd ICC IRS ini dapat memberikan beberapa manfaat yakni:
Pertama, Pertukaran gagasan dan pengetahuan. Konferensi The 2nd ICC IRS menyediakan platform bagi kita semua untuk berinteraksi dengan para pakar, peneliti dan cendekiawan dari berbagai dunia. Kedua, Jejaring dan kolaborasi akademik. Menghadiri konferensi ini memungkinkan kita membangun koneksi dan jejaring dengan orang – orang yang sama di bidangnya. Ketiga, Paparan penelitian mutahir. Konferensi kemungkinan besar menampilkan temuan dan kemajuan terbesar di bidang studi Kristen. Para sarjana Indonesia dapat memperoleh paparan dan kecenderungan metodologi terbaru. Keempat, Berbagi pengalaman dan perspektif lokal. Para cendekiawan dapat meningkatkan perspektif pengetahuan mereka. Ini dapat mendorong pertukaran pengetahuan dan wawasan byang saling mendukung. Kelima, Konferensi The 2nd ICC IRS dapat mencakup loka karya, diskusi panel, workshop pengelola jurnal. Ini dapat meningkatkan keterampilan mereka tentang wawasan. “Saya berharap ICC IRS diadakan secara rutin dan berkesinambungan pada tahun – tahun mendatang. Semoga forum ini memberikan wawasan, perspektif yang berharga untuk dialog dan adaptasi di dunia yang semakin berubah” Kata Dirjen.

Dalam kesempatan ini Wakil Menteri Agama Republik Indonesia (H. Zainut Tauhid Sa’adi) yang hadir membuka kegiatan The 2nd ICC IRS, melaunching Program Desa Moderasi dan Pusat Inkubasi Layanan Publik Berbasis Moderasi Agama (Program 10.10) yang merupakan Program Kerja dari Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI.

Penulis dan Foto : Humas The 2nd ICC IRS – IAKN Kupang

Silakan Ikuti IAKN Kupang di Social Media

Lainnya

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Buka Chat Whatsapp
1
SIMADU
SIMADU IAKN Kupang
Selamat datang dilayanan Sistem Informasi Manajemen Pengaduan (SIMADU) IAKN Kupang

Untuk pengaduan Layanan Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan silahkan klik Buka Chat. Anda akan terhubung dengan operator layanan pengaduan kami.

Format layanan pengaduan akan diperoleh melalui whatsapp.