Images

Kegiatan Jalan Santai, Dalam Rangka Penutupan Hari Amal Bhakti (HAB) ke – 77 Kementerian Agama RI di Lingkungan IAKN Kupang

Dalam rangka Penutupan Hari Amal Bhakti (HAB) ke – 77 Kementerian Agama Republik Indonesia di Lingkungan Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Panitia HAB mengadakan Kegiatan Jalan Santai pada hari Selasa, 31 Januari 2023 Pukul 08.00 WITA. Kegiatan ini diikuti oleh Rektor IAKN Kupang bersama para pimpinan lainnya, serta seluruh civitas akademika IAKN Kupang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk semangat kebersamaan dan kerukunan antar civitas akademika di Institut Agama Kristen Negeri Kupang yang berbeda agama, suku, bahasa dan budaya. Kebersamaan dan kerukunan ini disuarakan dengan spanduk yang dibawa oleh Setiap fakultas, pascasarjana dan biro yang bertuliskan Tema HAB Ke – 77 “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”.

Hal Menarik lainnya, kegiatan ini bukan hanya sekedar olahraga, namun juga mengajarkan seluruh civitas akademika IAKN Kupang untuk peduli pada lingkungan. Rasa kepedulian ditunjukkan dengan memungut sampah di sepanjang jalan yang dilewati.

Dalam Rangka Penutupan Hari Amal Bhakti Ke 77 Kementerian Agama RI, IAKN Kupang menyelenggarakan 2 kegiatan ilmiah yakni; Penganugerahan Dosen Berprestasi Periode 2022/2023 dan Kompetisi Debat Mahasiswa IAKN Kupang Tahun 2023

Kategori dosen berprestasi di Institut Agama Kristen Negeri Kupang dinilai berdasarkan karya unggul mereka dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, Pengabdian Kepada Masyarakat serta karya prestatif pengembangan pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olahraga Tingkat Daerah, Nasional dan Internasional.
Rencananya prosedur pemilihan calon dosen berprestasi Periode 2022/2023 dilakukan dalam 4 tahap yakni penerimaan usulan dari program studi, tahap penelitian, tahap evaluasi dan tahap penentuan.

Penerimaan dokumen usulan dimulai pada 25 – 27 Januari 2023, Penilaian (Review) pada 27 – 30 Januari 2023, pengumuman peneliti berprestasi pada 30 Januari 2023, dan pemberian penghargaan pada 31 Januari 2023.

Berbeda dengan kegiatan pertama, time limit kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa IAKN Kupang Tahun 2023 lebih panjang. Pendaftaran dibuka pada Rabu, 25 Januari 2023 dan ditutup pada Selasa, 28 Februari 2023 pukul 23.59 WITA.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh Tim Debat Mahasiswa IAKN Kupang Tahun 2023 yakni Surat rekomendasi sebagai utusan mahasiswa dari prodi; Menulis position paper yang disusun sendiri; membuat video profil Tim Debat berdurasi 3 menit dan diupload di Youtube Channel; foto tim debat yang diupload pada e – formulir registrasi KDM IAKN Kupang; dan uang pendaftaran sebesar Rp 150.000/tim.

Setelah persyaratan dikumpulkan, Tim Debat Mahasiswa IAKN Kupang Tahun 2023 dapat mengisi e-formulir pada link: https://s.id/e-formRegistrasi_KDM-IAKNKupang, kemudian bergabung dengan WA Group Kompetisi Debat Mahasiswa.

Agar lebih jelas silahkan, membaca Panduan Teknis Penganugerahan Dosen Berprestasi Periode 2022/2023 dan Panduan Teknis Kompetesi Debat Mahasiswa IAKN Kupang Tahun 2023.

 

Lampiran Kompetensi Debat Mahasiswa 2023

Lampiran Apresiasi Dosen Berprestasi 2022-2023

Pertandingan Persahabatan Voli Dalam Rangka HAB Ke 77

 

Pertandingan Persahatan Voli dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-77 di Lingkungan Institut Agama Kristen Negeri Kupang semakin seru.

Pada Hari ini, Selasa 24 Januari 2023, Tim Putra dari Institut Agama Kristen Negeri Kupang melawan Tim putra dari Bank NTT pada pukul 09.00 wita.
Kemudian pada pukul 10.00 wita dilanjutkan dengan Tim IAKN Putri VS Tim Putri dari Bank NTT.

Pertandingan kembali dilanjutkan pada sore hari pukul 15.30 wita di lapangan voli IAKN Kupang antara Tim Putra Patuleu VS Tim IAKN Putra.

Semua pemain begitu antusias dan memberikan performa terbaik mereka meskipun cuaca Kota Kupang cukup panas.

 

 

Rapat Mempersiapkan Kegiatan The 2nd ICC IRC Tahun 2023 di IAKN Kupang

Menindaklanjuti hasil rapat bersama Prof. Achmad Syahid, Rektor IAKN Palangkaraya dan Rektor IAKN Toraja, Pada Selasa, 24 Januari 2023 pukul 10.00 WIB Rektor IAKN Kupang mengarahkan Wakil Rektor 1 bersama panitia lokal untuk segera mengadakan rapat pada hari yang sama pukul 14.00 WITA.

Rapat ini dipimpin oleh ketua panitia lokal The 2nd ICC IRC Tahun 2023 IAKN Kupang, Agus Maniyeni dan dihadiri oleh seluruh panitia untuk membahas tentang resume pertemuan rapat pagi tadi, Term Of Reference, Rencana Anggaran Belanja dan venue dari Kegiatan The 2nd ICC IRC Tahun 2023.

Rapat ini berlangsung selama 3 jam dan ditutup dengan warna sari.

“Bagi saya kegiatan ini Tuhan titipkan untuk kita sebagai tugas ilahi karena itu saya berusaha mengerjakan sebaik mungkin. Jika kita dalam frame yang sama maka salib yang berat pun kita bisa lewati bersama.” ungkap ketua panitia menutup rapat hari ini.

Rapat Pembahasan The 2nd ICC IRC Tahun 2023

Dalam rangka mempersiapkan _The 2nd International Conference on Christian and Inter Religious Studies (ICC IRC) Tahun 2023_ Pada hari ini, Selasa, 24 Januari 2023 pukul 10.00 WIB, Institut Agama Kristen Negeri Kupang mengadakan rapat pembahasan _The 2nd ICC IRC_ Tahun 2023 melalui zoom.

Rapat ini dihadiri oleh Prof.Dr.Achmad Syahid, MA, Rektor IAKN Palangkaraya, Rektor IAKN Toraja, Rektor IAKN Kupang bersama Panitia Lokal dari IAKN Kupang.

Rapat ini di pimpin oleh Rektor IAKN Kupang, Dr.Harun Yermia Natonis, M.Si selaku tuan rumah dari kegiatan _The 2nd ICC IRC Tahun 2023._

Dalam pembahasan ini, Prof.Achmad Syahid menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan _The 2nd ICC IRC_ yaitu Pertama, _The 2nd ICC IRC_ Tahun 2023 merupakan kerjasama 3 (tiga) PTKKN yaitu IAKN Kupang, IAKN Toraja dan IAKN Palangkaraya. Kedua, Substansi dari Sub tema dan sub – sub tema harus mencapai tema besar.
Ketiga, kita harus melibatkan daerah 3T untuk publikasi paper ilmiah (call for paper).

“Tahun 2019, pada _The 1st ICC IRC_ di Manado, kita mengundang pembicara dari Belgia, Korea, Belanda dan Indonesia. Tahun ini kita akan mengundang dari 5 benua yakni Amerika, Korea, Belgia, Belanda, Australia, dan Jerman. Kita juga akan mengundang sinode – sinode aras nasional” sahutnya.

Rektor Palangkaraya juga ikut mengapresiasi rencana kegiatan _The 2nd ICC IRC_ Tahun 2023 karena kegiatan ini sangat bergengsi. Ia mengusulkan tema dan subtema terarah kepada Pendidikan Tinggi dan Aras Gereja. “Kita berharap gereja – gereja bisa bersatu dalam kemajuan di Indonesia.”

Setelah pemaparan Term Of Reference (TOR) rencana kegiatan _The 2nd ICC IRC Tahun 2023_ dari Ketua Panitia Lokal, Agus Maniyeni dan Sekretaris Panitia, Martin Liufeto, Rektor IAKN Kupang membuka kesempatan kepada peserta rapat untuk memberikan usul dan saran.

Zuhairan Yunan mengusulkan agar kita dapat membuat website khusus untuk _The 2nd ICC IRC_ Tahun 2023. Usul yang lain juga datang dari Salamah, agar digital teknologi menjadi salah satu sub – sub tema dalam _The 2nd ICC IRC_ Tahun 2023. M.Nanang Suprayogi juga mengatakan agar sebaiknya dibuat Online Conference System (OCS) dan Binsar Jonathan Pakpahan menambahkan bahwa sebaiknya tidak dadakan dalam mengundang invite speaker.

Rapat ini berlangsung selama 2 jam dan ada banyak masukan yang bermanfaat bagi IAKN Kupang dalam mempersiapkan _The 2nd ICC IRC Tahun 2023_.

“Kami sangat senang mendapat kesempatan ini, dan setelah rapat ini kami akan menindaklanjuti dengan rapat panitia lokal di Institut Agama Kristen Negeri Kupang.” ungkap Rektor IAKN Kupang menutup rapat tersebut.

KERUKUNAN UMAT UNTUK INDONESIA HEBAT

Tema Hari Amal Bhakti Tahun 2023, menjadi semangat di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang untuk peduli dan berbagi kasih berupa sembako dengan korban banjir di Desa Naitae, Kecamatan Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan bakti sosial ini langsung dipimpin oleh Rektor Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Dr. Harun Natonis , M.Si bersama rombongan, diantaranya Wakil Rektor II selaku ketua panitia HAB 2023 dan Wakil Rektor III selaku Koordinator seksi usaha dana HAB 2023, Kepala SPI, Kepala LP2M, Kepala LPM bersama Perwakilan panitia dan Organisasi Mahasiswa IAKN Kupang berjumlah 15 orang.

Dari hasil wawancara dengan Pdt. Victor Toto, S.Th dan salah satu korban banjir, Tobi Otemusu Sungai Siumate meluap akibat hujan deras selama 1 Minggu sejak tanggal 23 Desember 2022 kemudian berhenti tanggal 26 Desember 2022. Hujan mulai turun kembali pada tanggal 26 – 28 Desember 2022. Tanggul sungai Siumate pecah pada tanggal 28 Desember 2022 pada pukul 22.40 WITA.

Meluapnya sungai ini mengakibatkan banyak rumah yang terdampak, diantaranya 9 rumah hanyut, 10 rumah rusak berat, 6 rumah rusak ringan dan 11 rumah terendam banjir.

Saat ini para korban masih berada di penampungan (POSCO) sejak tanggal 29 Desember 2022. Diantara Para korban banjir, terdapat 16 orang balita dan 4 orang ibu hamil.

Rektor bersama rombongan di dampingi oleh Pdt. Victor Toto,S.Th (Ketua Majelis Jemaat di GMIT Efrata Siumate), Camat Fatuleu Barat, Kandidus Neno SH dan Kepala Desa Naitae, Kores Abraham Laome mengunjungi lokasi bencana banjir dan menyaksikan langsung rumah – rumah yang hancur dan menyerahkan bantuan kepada korban banjir.

 

Pertandingan Persahabatan Voli Dalam rangka Hari Amal Bhakti ke 77 di Lingkungan Institut Agama Kristen Negeri Kupang, terlaksana dengan meriah

Para pemain beraksi dalam timnya, disaksikan oleh Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Natonis, M.Si bersama para wakil rektor, kepala biro, para dekan, kabag, para kasubbag, para kepala unit dan pascasarjana serta seluruh civitas akademika.

Adapun tim yang masuk ke 8 (delapan) besar dan tampil di pekan ini adalah:
RABU 18-01-2023
1.Pegawai Putra IAKN VS Iman putra (08:00)
2.IMAN PUTRI VS Putri PAK 19(10:00)
3.HMP PAK 21 A VS Alleza A (14:00)
4.BK B Putra VS Pejuang IAKN(15:00)

KAMIS 19-01-2023
1.Pegawai Putri IAKN VS KCP Putri(08:00)
2.Beta Tua VS Amarasi putra(10:00)
3.Alleza B VS Nona Manis (14:00)
4.Predator IAKN VS Sosiologi (pukul 15.00)

Selain beberapa tim diatas, pada hari ini, Jumat, 20 Januari 2023 seluruh civitas akademika disuguhkan dengan pertandingan yang menarik oleh Tim IAKN Putra Kupang Vs SMA Efata Soe dan SMTK Kapan Vs Tim IAKN Putra.

Pertandingan persahabatan voli menjadi wadah kedekatan, kerukunan, silahturahmi dan saling berbagi antara tim dan instansi.

Rapat Perdana Penyusunan Proposal The 2nd ICC IRC

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang mendapat kepercayaan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggara The 2nd International Conference on Christian and Inter Religious Studies (ICC IRC) Tahun 2023.

Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia, Pdt.Dr.Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd melalui rapat zoom Pada Hari Jumat Malam, 20 Januari 2023, Rektor Institut Agama Kristen Negeri Kupang mengadakan rapat bersama para pimpinan di Lingkungan IAKN Kupang, diantaranya Para Wakil Rektor, Kepala Biro, Kabag, Para Kasubbag, Para Dekan, Wakil Dekan, Pascasarjana serta para kepala unit pada hari Sabtu, 21 Januari 2023 pukul 10.00 wita.

Rapat perdana ini membahas beberapa hal yaitu Tema dan subtema The 2nd ICC IRC Tahun 2023; kepanitiaan; lokasi dan waktu kegiatan; Pembicara dan Peserta (baik itu dalam negeri maupun luar negeri); Rencana Anggaran Belanja (RAB); dan proposal yang akan segera disampaikan kepada Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mendapatkan dukungan.

Rencananya kegiatan The 2nd ICC IRC Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 Juni 2023 di Kota Kupang dan direncanakan para pembicara dalam kegiatan ini berasal dari Belanda, Amerika, Afrika, India, Korea, Australia dan Indonesia sesuai dengan bidang keahlian mereka.

“Oleh karena ini adalah kepercayaan pertama bagi IAKN Kupang, maka marilah kita bersama – sama mengoptimalkan semua pikiran, tenaga dan kreativitas kita dalam kegiatan ini.” Ungkap Rektor IAKN Kupang dalam rapat.