CAP 2024: “Art In Motion For Wonderful East Nusa Tenggara” Berlangsung Meriah

IAKN Kupang (Kemenag) – – – Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang kembali menggelar Campus Arts Performance (CAP) pada Rabu (19/06/2024) di halaman Kampus IAKN Kupang. Acara tahunan ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kebolehan bagi mahasiswa Fakultas Seni Keagamaan Kristen, tetapi juga mengingatkan pentingnya seni dalam kehidupan.

Mengusung tema “Art In Motion For Wonderful Of Est Nusa Tenggara”, CAP 2024 tidak hanya menjadi ajang unjuk gigi bagi para mahasiswa, tetapi juga langkah awal dalam menggerakkan seni pertunjukan di Indonesia Timur. Digagas oleh dua program studi, Seni Pertunjukan Keagamaan Kristen dan Seni Musik Gereja, acara ini diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran seni dan budaya di wilayah tersebut.

Acara CAP 2024 dibuka oleh Wakil Rektor II IAKN Kupang, Maxy Lak’apu, M.Pd.K., mewakili Rektor IAKN Kupang. Dalam sambutannya, WR II mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi penuh kepada Fakultas Seni Keagamaan Kristen atas penyelenggaraan acara ini. Ia juga menyampaikan dukungan penuh terhadap pengembangan seni dan budaya di IAKN Kupang.

Dukungan tersebut turut ditunjukkan dengan hadirnya para jajaran pimpinan kampus, seperti Wakil Rektor I IAKN Kupang Marla Marisa Djami, M.Si, para Dekan IAKN Kupang, dan para Ketua Jurusan IAKN Kupang. Hadir juga para dosen dan pegawai IAKN Kupang, mahasiswa/i IAKN Kupang, para tamu undangan, serta masyarakat umum yang antusias menyaksikan pertunjukan seni.

CAP 2024 menghadirkan pertunjukan seni yang meriah dan beragam. Dimulai dengan doa pembuka oleh Pdt. Abraham Satya Graha, acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari mahasiswa/i semester akhir Fakultas Seni Keagamaan Kristen. Penampilan mereka merupakan bagian dari pemenuhan resital tugas akhir, yang meliputi Vocal Group oleh Jean Sonbai, Ansambel Musik Campuran Oleh Anjel M. De Marisa Po, Ansambel Gitar Klasik oleh Tamariska F. Taefbana, Brass Band oleh Yosua Laulamalay, dan Komposisi Musik Naepapan oleh Niken N. A. Sari Nomeni.

Kemeriahan acara semakin bertambah dengan penampilan dari para talent CAP 2024 IAKN Kupang. Penampilan mereka meliputi Vocal Klasik, Paduan Suara, Piano Klasik, Band Musik Pop, Drama Musikal, Solo Vocal, Solo Gitar, Tarian, Ansambel Musik, serta penampilan dari para model dibalut dalam IAKN Fashion Street CAP 2024. Total keseluruhan performance dalam memeriahkan Konser CAP Tahun 2024 Kampus IAKN Kupang ini adalah 36 performance.

Apris Saefatu, M.Sn., selaku Ketua Panitia Tema 1 “Arts in Motion”, mengungkapkan harapannya agar Fakultas Seni Keagamaan Kristen dapat menjadi motor penggerak dan pengendali perkembangan seni di NTT serta menjadi pusat pembelajaran seni keagamaan di Indonesia Timur.

Senada dengan Apris, Hendrik Lenama, M.Sn., selaku ketua panitia Tema 2 “Wonderful East Nusa Tenggara”, berharap agar konser ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa tidak hanya dari segi teoritis di kelas, namun dapat mengaplikasikan teori mereka dalam sebuah pertunjukkan yang nyata. Ia juga berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya.

CAP 2024 telah sukses menjadi wadah bagi para mahasiswa IAKN Kupang untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka dalam seni pertunjukan. Lebih dari itu, acara ini juga menjadi langkah awal yang penting dalam memajukan seni dan budaya di Indonesia Timur. Diharapkan dengan semangat dan kerja keras dari semua pihak, IAKN Kupang dapat terus berkontribusi dalam melahirkan seniman-seniman berbakat yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Penulis: Merling Messakh
Foto: Fredy Duka
Administrator: Melki Saekoko

Silakan Ikuti IAKN Kupang di Social Media

Lainnya

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Buka Chat Whatsapp
1
SIMADU
SIMADU IAKN Kupang
Selamat datang dilayanan Sistem Informasi Manajemen Pengaduan (SIMADU) IAKN Kupang

Untuk pengaduan Layanan Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan silahkan klik Buka Chat. Anda akan terhubung dengan operator layanan pengaduan kami.

Format layanan pengaduan akan diperoleh melalui whatsapp.