Civitas Akademika IAKN Kupang Menggelar Ibadah Awal Pekan dengan Tema “Menyentuh Allah di dalam Iman

IAKN Kupang (Kemenag) – – – Pada Senin, (22/01/2024), Civitas Akademika Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang mengadakan ibadah awal pekan yang dihadiri oleh Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Y. Natonis, M.Si, beserta para pimpinan lainnya.

Firman Tuhan dalam ibadah tersebut dipimpin oleh Maya Djawa, S.Th, M.Pd.K, Ph.D. Pemilihan ayat dari Lukas 8:40 – 48 dengan tema “Menyentuh Allah di dalam Iman” menjadi fokus kotbah.

Maya Djawa memulai kotbahnya dengan menceritakan kisah seorang perempuan yang selama 4.380 hari atau 12 tahun menderita pendarahan. Namun, perempuan tersebut tetap mempertahankan tekadnya untuk bertemu dengan Yesus, meskipun harus berjuang melawan kerumunan orang yang ingin bertemu dengan-Nya. Ia datang kepada Yesus karena telah mendengar tentang-Nya, dan ia yakin bahwa dengan menyentuh jumbai jubah Yesus, ia akan sembuh.

Ketika Yesus bertanya siapa yang menyentuh-Nya, perempuan tersebut dengan jujur mengakui bahwa ia yang melakukan itu. Meskipun orang memanggilnya sebagai “perempuan pendarahan,” Yesus memanggilnya dengan penuh kasih sebagai “anakku.”

Dalam kotbahnya, Maya Djawa menekankan beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari kisah tersebut:
Pertama, Sabar dalam Pergumulan: Perempuan tersebut menunjukkan kesabaran dan ketekunan dalam pergumulannya untuk menyembuhkan penyakitnya.
Kedua, Iman yang Kuat: Iman perempuan tersebut kepada kuasa penyembuhan Yesus menguatkan tekadnya untuk menyentuh-Nya.
Ketiga, Pelayanan dan Kuasa Roh Kudus: Ketika perempuan itu menyentuh Yesus, Yesus merasakan kuasa dunamis yang keluar dari dirinya. Hal ini mengingatkan bahwa ketika kita datang kepada Yesus, kita juga berhubungan dengan kuasa Roh Kudus yang dapat digunakan untuk kebaikan.***

Penulis : Merling Messakh
Administrator : Melki Saekoko

Silakan Ikuti IAKN Kupang di Social Media

Lainnya

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Buka Chat Whatsapp
1
SIMADU
SIMADU IAKN Kupang
Selamat datang dilayanan Sistem Informasi Manajemen Pengaduan (SIMADU) IAKN Kupang

Untuk pengaduan Layanan Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan silahkan klik Buka Chat. Anda akan terhubung dengan operator layanan pengaduan kami.

Format layanan pengaduan akan diperoleh melalui whatsapp.