IAKN Kupang (Kemenag) – – – Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang mengambil inisiatif untuk menghadirkan perspektif baru dalam mengantisipasi perubahan pelayanan publik dengan menggelar seminar bagi tenaga kependidikan. Dengan tema “Melalui Inovasi Pelayanan Publik dan Transformasi Digital Kita Tingkatkan SDM Menuju Era Digital Sebagai Perubahan Budaya Kerja di IAKN Kupang,” kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya transformasi digital dalam lingkungan perguruan tinggi.
Kegiatan dilaksanakan di Hotel On The Rock , Jalan Timor Raya Nomor 2 Kelapa Lima Kupang pada tanggal 28 s.d. 30 November 2023.
Rektor IAKN Kupang, Dr. Harun Y. Natonis, M.Si, membuka acara dengan menyoroti urgensi perguruan tinggi dalam menghadapi perubahan cepat dalam era digital. Rektor menekankan bahwa transformasi digital bukan lagi pilihan, melainkan keharusan untuk memastikan pelayanan prima dan efisien.
Kegiatan ini diikuti oleh 50 tenaga kependidikan dari IAKN Kupang. Narasumber dan moderator yang diundang berasal dari berbagai instansi, seperti Politeknik Kupang, Undana Kupang, Telkom Kupang, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, dan Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi NTT. Hal ini memberikan pandangan luas dan mendalam tentang implementasi layanan publik berbasis digital.
Dalam rangkaian acara, peserta diberikan wawasan baru untuk mempersiapkan diri dalam bekerja di era digitalisasi, dengan fokus memberikan pelayanan prima yang cepat, tepat, dan mudah. Kegiatan juga bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan berbasis digital di IAKN Kupang.
Acara ditutup dengan penuh semangat oleh Kepala Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK), Drs. Yorhans S. Lopis, M.Si. Karo mengungkapkan harapannya agar ilmu dan wawasan yang didapatkan peserta dapat diimplementasikan secara optimal dalam konteks pekerjaan sehari-hari.
Seminar ini membuktikan komitmen IAKN Kupang untuk terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menciptakan budaya kerja yang adaptif di era digital.***
Sumber : Panitia Seminar
Penulis: Merling Messakh
Administrator: Melki Saekoko