Sikap anda, tanggung jawab anda adalah bagian dari integritas anda”: Ucap Rektor IAKN Kupang Saat Menyampaikan Materi Tentang Internalisasi Nilai-Nilai Kampus

IAKN Kupang (Kemenag) – – – – Rektor Institut Agama Kristen Negeri Kupang (IAKN Kupang), Dr. Harun Y. Natonis, M.Si, menjadi pembicara dalam sesi pertama Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dengan tema “Internalisasi Nilai-Nilai IAKN Kupang”. Sesi yang diadakan pada Senin (28/08/2023) ini bertujuan untuk mengajak para mahasiswa baru memahami dan meresapi nilai-nilai fundamental yang membentuk identitas dan karakter kampus.

Dalam sesi ini, Dr. Harun Y. Natonis menjelaskan mengenai makna dan pentingnya internalisasi nilai-nilai dalam konteks kehidupan kampus. “Internalisasi adalah suatu proses mentransmisi dan mengkonstruksi nilai sebagai bagian dari diri seseorang. Ini adalah proses pembelajaran dan peneladanan nilai-nilai yang akan membentuk karakter dan pandangan dunia kita,” ungkap Rektor.

Rektor menjelaskan bahwa nilai-nilai yang diinternalisasikan meliputi dimensi spiritual, moral, akademis, dan sosial. Dalam dimensi spiritual, nilai-nilai kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri dijelaskan sebagai landasan dalam mengembangkan sikap mental yang positif dan mendukung dalam menjalani kehidupan kampus.

Dalam dimensi moral, seperti kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, cinta tanah air, dan peduli lingkungan, menjadi pedoman dalam bersikap terhadap sesama mahasiswa dan lingkungan sekitar.

Dalam dimensi akademis, seperti integritas dan reputasi akademik, kritis dan analitis, keterbukaan, serta kemandirian dan kepemimpinan yang visioner, menunjukkan bagaimana mahasiswa harus berinteraksi dengan ilmu pengetahuan dan mengembangkan diri sebagai individu yang kreatif dan inovatif.

Sementara dalam dimensi sosial, seperti kerjasama, empati, kebersamaan, dan kemasyarakatan, dijelaskan sebagai landasan untuk membentuk sikap kolaboratif yang mendukung pembangunan komunitas di dalam dan luar kampus.

Rektor menegaskan, “Internalisasi nilai-nilai IAKN Kupang adalah suatu proses yang akan membimbing mahasiswa dalam menjalani perjalanan pendidikan dan pengembangan karakter mereka di kampus ini. Setiap mahasiswa adalah bagian penting dari proses ini, dan kami berkomitmen untuk mendukung mereka dalam mengembangkan diri sebagai individu yang berkarakter, berintegritas, dan mampu memberikan dampak positif pada masyarakat.” Kata Rektor.

Sesi yang melibatkan moderator Irene Ully, M.Pd, untuk memimpin jalannya penyampaian sesi pun terlaksana dengan baik.***

Release: Humas PKKMB IAKN Kupang
Editor: Merling Messakh (Humas IAKN Kupang)

Silakan Ikuti IAKN Kupang di Social Media

Lainnya

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Buka Chat Whatsapp
1
SIMADU
SIMADU IAKN Kupang
Selamat datang dilayanan Sistem Informasi Manajemen Pengaduan (SIMADU) IAKN Kupang

Untuk pengaduan Layanan Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan silahkan klik Buka Chat. Anda akan terhubung dengan operator layanan pengaduan kami.

Format layanan pengaduan akan diperoleh melalui whatsapp.