Dirjen Bimas Kristen Membuka kegiatan Workshop On Writing and Jurnal Managemen Saat The 2nd ICC-IRS 2023 di Kupang-NTT

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia terus berupaya dalam membentuk budaya ilmiah unggul melalui pengembangan budaya penulisan jurnal ilmiah. Salah satu bentuk kegiatannya adalah Workshop On Writing and Jurnal Managemen yang diadakan di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu, (15/7/2023) saat kegiatan The 2nd ICC IRS berlangsung di Ruang Regal, Hotel Aston, Kupang – Nusa Tenggara Timur.

Workshop ini resmi dibuka oleh Dirjen Bimas Kristen, Dr. Jeane Marie Tulung S.Th, M.Pd, dan dihadiri oleh Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang, Dr. Harun Y. Natonis, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, dengan pusat kegiatan di hotel Aston Kupang. Workshop ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta baik itu secara onsite maupun online yang terdiri dari pengelola jurnal, dosen, dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Nusa Tenggara Timur maupun 7 Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) yang menjadi binaan Ditjen Bimas Kristen.

Dirjen menyatakan bahwa pengelolaan jurnal menjadi fokus utama bagi perguruan tinggi sebagai sarana bagi para dosen untuk mempublikasikan hasil riset mereka, yang juga dapat berkontribusi pada peningkatan jabatan fungsional dosen, akreditasi program studi, maupun institusi. Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pengelola jurnal dan dosen PTKKN dalam meningkatkan akreditasi program studi dan institusi.

Dirjen juga mengakui bahwa 7 PTKKN di Indonesia masih memiliki keterbatasan dalam sumber daya manusia, fasilitas, institusi, dan program studi yang terakreditasi unggul. Oleh karena itu, perlu terus melakukan perbaikan dan pembelajaran. Ia mengapresiasi kehadiran narasumber dan pengelola jurnal dari perguruan tinggi dalam kegiatan ini, sebagai bentuk kerjasama dan bantuan dalam upaya memajukan PTKKN. Lebih lanjut, Dirjen menjelaskan bahwa Workshop ini, yang digelar bersamaan dengan The 2nd International Conference on Christian and Interreligious Studies (The 2nd ICCIRS), merupakan salah satu kekuatan dalam dunia akademisi. Tujuan utamanya adalah belajar tentang langkah-langkah menulis artikel jurnal dan strategi agar artikel tersebut dapat terbit di jurnal terindeks seperti Scopus. Dirjen berharap agar kegiatan ini dapat diikuti dengan baik, sehingga dapat membantu IAKN-IAKN dan STAKPN menuju perbaikan dan peningkatan kualitas dalam pelayanan pendidikan tinggi bagi masyarakat.

Penulis dan Foto : Humas The 2nd ICC IRS – IAKN Kupang

Silakan Ikuti IAKN Kupang di Social Media

Lainnya

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Buka Chat Whatsapp
1
SIMADU
SIMADU IAKN Kupang
Selamat datang dilayanan Sistem Informasi Manajemen Pengaduan (SIMADU) IAKN Kupang

Untuk pengaduan Layanan Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan silahkan klik Buka Chat. Anda akan terhubung dengan operator layanan pengaduan kami.

Format layanan pengaduan akan diperoleh melalui whatsapp.